Sabtu, 25 April 2015

Analisa dan Desain Dengan Menggunakan Objek Oriented


 Apa itu Analisa dan Desain Objek Oriented ?

1. Menurut peterdraw dalam blognya https://peterdraw.wordpress.com/2011/10/30/konsep-ooad-object-oriented-analysis-design/ Menjelaskan Analisis dan desain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas. Pengertian “berorientasi objek” itu sendiri berarti bahwa kita mengorganisasi perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.

2. Menurut richmondtraytor dalam blognya http://richmondtraytor.blogspot.com/2012/06/analisis-dan-perancangan-berbasis-objek.html Menjelaskan Analisis dan perancangan berbasis objek adalah suatu metode yang memeriksa kebutuhan dari sudut pandang class-class dan object-object yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan dan mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi object-object sistem atau subsistem.

3. Menurut artikel Hendra Divayana yang berjudul Konsep OOAD http://dewa-hendra.blogspot.com/2010/04/i.html yang berjudul Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas.

   Dapat disimpulkan, Analisa dan Desain Objek Oriented adalah cara dalam memikirkan/memecahkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep aslinya (dunia nyata).

Apa itu OOA dan OOD ? 
Konsep OOAD mencakup analisis dan desain sebuah sistem dengan pendekatan objek, yaitu analisis berorientasi objek (OOA) dan desain berorientasi objek (OOD).

OOA (Object Oriented Analysis) atau Analisis beorientasi objek adalah tahapan perangkat lunak dengan menentukan spesifikasi sistem dan mengidentifikasi kelas-kelas yang hubungannya satu terhadap yang lain.
OOD (Object Oriented Design) atau Perancangan berorientasi objek adalah merancang kelas-kelas yang teridentifikasi selama tahap analisis dan antarmuka pengguna (user interface). Pada tahapan ini dilakukan identifikasi yang memungkinkan untuk menambahkan beberapa objek dan kelas yang mendukung implementasi dari spesifikasi yang dibutuhkan.

Kegiatan Perancangan ini meliputi
1. Perancangan data
2. Perancangan arsitektural
3. Perancangan antarmuka
4. Perancangan procedural

Yang dimaksud dengan Encapsulation, Inheritance, Polimorfisme? 
Encapsulation adalah pembungkusan/pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama obyek. Atau menyembunyikan operasi-operasi dari dunia luar dan dari obyek-obyek lain.

Inheritence (turunan) adalah konsep yang menyatakan bahwa metode atau atribut dalam kelas dapat diturunkan atau digunakan kembali oleh kelas lain.

Polimorfisme merupakan suatu konsep yang menyatakan s esuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda.

Teknik pemodelan yang ada pada OOAD? 
Model Objek menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya. Model objek berisi diagram objek. Diagram objek adalah graph dimana nodenya adalah kelas yang mempunyai relasi antar kelas.

Model Dinamik menggambarkan aspek dari sistem yang berubah setiap saat. Model dinamik dipergunakan untuk menyatakan aspek kontrol dari sistem. Model dinamik berisi state diagram. State diagram adalah graph dimana nodenya adalah state dan arc adalah tarnsisi antara state yang disebabkan oleh event.

Model Fungsional menggambrakan transformasi nilai data di dalam sistem. Model fungsional berisi data flow diagram. DFD adalah suatu graph dimana nodenya menyatakan proses dan arcnya adalah aliran data.

Konsep Metode Berorientasi Objek 
Objek-objek adalah suatu gabungan antara sebuah data dan sebuah aspek lojik yang menggambarkan sebuah entitas dunia nyata.

1. Kelas dikatakan sebagai suatu kumpulan objek yang memiliki struktur dan perilaku yang sama. contoh sepeda adalah suatu kelas, maka sepeda wimcycle,sepeda polygon dikatakan suatu objek.

2. Atribut bertugas sebagai untuk menggambarkan keadaan suatu objek, contoh sebuah sepeda memiliki atribut bentuk,ukuran,warna,harga.

3. Metode adalah suatu fungsi atau prosedur yang didefinisikan untuk dapat mengakses keadaan internal suatu objek dari suatu kelas. contoh nya kelas Pegawai memiliki metode Hitung Gaji. Metode sebenarnya merupakan antarmuka yang disediakan untuk dapat memanfaatkan perilaku objek tersebut.

4. Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek dengan objek lain, Dua objek yang berbeda dapat melakukan sebuah operasi yang berbeda dengan message yang sama. Konsep ini dikenal dengan nama Polymorphism.

5. Enkapsulasi memadukan karakteristik unit di dalam suatu objek (data dan metode). Konsep ini bertujuan untuk menyembunyikan informasi dan karakteristik objek.

6. Hirarki Kelas ,sistem berorientasi objek mengorganisasi kelas ke dalam hirarki subclass-superclass. Perbedaan karakteristik dan perilaku digunakan sebagai dasar penilaian untuk membedakan antara kelas dan sub kelas.

Tujuan OOAD 
1. Menangani lebih banyak problem domain. Analisis Berorientasi Objek memberikan kemudahan untuk memahami inti permasalahan.
2. Mengorganisasi analisis dan spesipikasi dengan metode yang digunakan cara berfikir manusia.
3. Pewarisan dapat memberikan identifikasi sesuatu yang umum pada atribut dan metoda.
4. Menjaga stabilitas atas perubahan kebutuhan pada sistem yang sama.
5. Hasil analisis dapat digunakan kembali.
6. Penggambaran yang konsisten dari sistem, pada tahap analisis dan desain.

Sumber/Refrensi :
https://peterdraw.wordpress.com/2011/10/30/konsep-ooad-object-oriented-analysis-design/
http://richmondtraytor.blogspot.com/2012/06/analisis-dan-perancangan-berbasis-objek.html 
http://dewa-hendra.blogspot.com/2010/04/i.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar